Friday, April 11, 2014

Wasabi dari Jepang dan Manfaatnya..!!

WASABI 
(わさび atau 山葵)

     Wasabi adalah tanaman yang dapat di olah sebagai pemberi cita rasa pelengkap dari makanan yang umumnya masih mentah, seperti ikan, gurita, dan sebagainya, Terkadang kita sering mendengar istilah nama wasabi dalam salah satu menu makanan jepang terutama sushi atau sashimi. apa kalian sudah tau apa itu wasabi??, atau kalian sudah pernah memakannya??. kalo memang belum tahu berikut ualasanya...!!


Wasabi yang sebelum dan sesudah di olah (diparut)


     Ya wasabi merupakan salah satu tanaman umbi-umbian yang berasal dari jepang. wasabi disana (jepang) sering digunakan sebagai penyedap masakan, istilah wasabi yang biasa orang indonesia sebut sebagai jahenya jepang memiliki rasa yang pedas dan bau yang menyengat ketika di makan tetapi rasa pedasnya tidak seperti cabai. wasabi adalah tanaman berjenis umbu-umbian yang tumbuh di dalam air yang jernih, umumnya wasabi di budidayakan di tepian aliran sungai tentunya tempat yang beriklim sejuk dan dingin, umumnya petani membuat tempat budi daya buatan berupa tempat aliran berpetak-petak yang disusun seperti tangga agar air dapat mengalir dari atas ke bawah. 


Membudidayakan Wasabi di aliran air


Wasabi yang telah di bersihkan (kiri), Wasabi yang diparut (kanan)

     Wasabi memiliki sifat antimikroba yaitu ada zat kimia yang dapat menghilangkan berbagai macam bakteri di sekitarnya. oleh karena itu makanan jepang seperti sushi dan sashimi yang terkadang terdapat ikan yang masih mentah selalu dianjurkan menyantapnya bersamaan dengan wasabi, agar bakteri yang ada pada ikan mentah tersebut dapat hilang.

      Wasabi saat ini sudah banyak di implementasikan ke dalam beberapa makanan seperti halnya snack rasa wasabi, ice cream wasabi, kacang polong wasabi, coklat rasa wasabi dan masih bnayak lainnya.... 


Kacang Polong Rasa Wasabi



Coklat Rasa Wasabi



Muffins Cake Rasa Wasabi


Ice Cream Wasabi 

No comments:

Post a Comment