Tuesday, April 22, 2014

Belajar Bahasa Jepang

Bahasa Jepang

にほんご


Kali ini saya akan membahas tentang bahasa Jepang, Apa itu bahasa jepang?, ada berapa jenis penulisan bahasa jepang?, dan kapan di gunakannya?, kita akan bahas pada postingan kali ini. Apakah kalian pernah mendengar bahasa Jepang?, atau belum pernah sama sekali?.

Biasanya kita sering mendengar bahasa jepang kalo kita biasa menonton saluran Televisi pra-bayar seperti NHK misalnya, atau bagi para pencinta anime atau lagu-lagu jepang pasti sudah tidak tabu lagi di telinga kita, sehubungan negara kita berhubungan dekat dengan negara Jepang (Negara Matahari Terbit) pasti sekarang ini sudah mulai banyak acara-acara televisi yang membahas baik budaya maupun teknelogi negara Jepang itu sendiri. Indonesia pun juga sebagai mangsa pasar bagi perusahaan Jepang yang begitu tinggi, bayangkan saja banyak sekali brand perusahaan jepang, dalam barang elktronik seperti, Toshiba, Fujitsu, Sony, (kendaraan) Mitsubishi, Suzuki dan lain sebagainya.








Huruf bahasa jepang terbagi menjadi tiga jenis, yaitu:
1. Hiragana (Kunyomi)
Hiragana merupakan huruf yang digunakan untuk menuliskan bahasa asli jepang itu sendiri (memang benar-benar kata tersebut dari jepang asli), contohnya :

  • Arigatou (ありがとう) = Terimakasih
  • Heya (へや) = Kamar
  • Shika (しか) = Rusa

2. KataKana (Onyomi)
KataKana merupakan huruf yang digunakan untuk menuliskan bahasa jepang yang berasal dari bahasa serapan (negara lain) seperti dari bahasa inggris selain itu juga bisa digunakan untuk menuliskan nama seseorang, contohnya :
Kata serapan

  • Banana (バナナ) = Pisang
  • Shatsu (シャツ) = Kemeja
  • Gita (ギタ) = Gitar

Nama Orang

  • Sakurai Tomoki (サクライ トモキ)
  • Naruto Uzumaki (ナルト ウズマキ)
  • Renaldo Muhammad Arsyad (レナルド ムハッマヅ アルシャヅ)


3. Kanji
Kanji merupakan huruf  berbentuk seperti symbol yang digunakan untuk mewakilkan suatu kata sehingga dapat mewakilkan untuk mempersingkat penulisan, dan terkadang huruf kanji di gabungkan dengan huruf kanji yang lain sehingga menjadi kata yang memiliki arti yang berbeda, contohnya :
Shika 鹿 = Rusa
Heya 部屋 = Kamar
Nichi Youbi 日曜日 = Hari Minggu
San Gatsu  三月 = Bulan Maret


Saya harap untuk penjelasan tentang bahasa jepang di postingan ini dapat kalian pahami ya teman-teman, semoga ilmu kalian semakin bertambah, tunggu postingan kami berikutnya ya dan terimakasih banyak atas kunjungannya...!! (^0^) ありがとう ございます

Pepatah mengatakan: "Carilah ilmu sampai ke Negri Jepang"
Heheheh....!?. Baca juga artikel tentang Aisatsu atau mengucapkan salam dalam Bahasa Jepang

No comments:

Post a Comment